Rabu, 09 November 2016

EKONOMI DAN SOSIOLOGI (Kls 7 & 8)




Manusia mahluk sosial
Manusia tidak dapat hidup sendiri dan mereka selalu berhubungan dengan manusia lain. Hubungan tersebut tercermin dalam interaksi sosial.
Interaksi sosial adalah
Hubungan-hubungan sosial yang dinamis, baik yang menyangkut hubungan antara individu dan individu, antara individu dan kelompok, maupun antara kelompok dan kelompok lain (Soekanto, 2003). Interaksi sosial merupakan kunci dalam sendi-sendi kehidupan sosial karena tanpa  interaksi, tidak mungkin terjadi aktivitas sosial.
Yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhannya adalah :
·         Manusia menciptakan berbagai hal untuk membuat kehidupan mereka menjadi lebih baik. Mereka mengembangkan teknologi,  nilai, dan  norma untuk bergaul, organisasi sosial-budaya-politik, ilmu pengetahuan, dan berbagai lapangan kerja untuk mendapatkan kenyamanan hidup.
·         Dengan kemampuan itu,  manusia melakukan perubahan-perubahan terhadap alam dan lingkungan tempat tinggal mereka. Apa yang sudah mereka hasilkan diwariskan ke generasi penerusnya untuk dikembangkan lebih baik.
·         Dalam keadaan tertentu, manusia tidak mampu mengubah alam dan lingkungan fisik untuk memenuhi apa yang mereka perlukan. Lingkungan fisik tempat manusia tinggal mempunyai keterbatasan tertentu untuk menghasilkan sumber daya yang mereka perlukan. Apa yang manusia perlukan dihasilkan oleh  lingkungan lainnya. Sebaliknya, apa yang dihasilkan oleh lingkungan mereka diperlukan oleh  manusia di  lingkungan lain.
·         Sumber daya yang tidak merata antar wilayah menimbulkan kelangkaan  komoditas tertentu di suatu wilayah. Kelangkaan dapat terjadi karena sumber daya yang tersedia tidak sebanding dengan kebutuhan.
Masalah ekonomi muncul karena adanya kebutuhan manusia yang tidak terbatas, sedangkan alat pemenuhan kebutuhan, berupa barang dan jasa, terbatas adanya.
Kelangkaan adalah ketidakseimbangan antara kebutuhan dan ketersediaan alat pemuas kebutuhan. Untuk mengatasi kelangkaan, diperlukan kegiatan ekonomi yang menunjangnya. Dalam kegiatan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi ditentukan oleh  interaksi sosial.
Kebutuhan manusia dipenuhi melalui proses interaksi sosial. Interaksi sosial sudah terjadi sejak  manusia ada.
·         Pada zaman  nenek moyang kita, pemenuhan kebutuhan hidup diawali dengan cara berburu dan mengumpulkan makanan.
·         Dengan makin meningkatnya kebutuhan dan keterbatasan ruang serta sumber daya,  manusia mulai hidup menetap dan  bercocok tanam.
·         Untuk memenuhi kebutuhan akan barang yang belum mampu dihasilkan sendiri, manusia melakukan  barter. Barter adalah cara berdagang yang dilakukan oleh masyarakat melalui pertukaran barang. Cara ini dilakukan ketika belum ditemukan uang sebagai alat tukar.
Ekonomi
Berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari dua kata, yaitu oikos dan nomos. oikos berarti rumah tangga dan nomos berarti tata aturan. Dengan demikian secara sederhana ekonomi dalam pengertian bahasa berarti Ekonomi atau tata aturan rumah tangga.
Ekonomi adalah, ilmu yang mempelajari upaya manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, baik secara perorangan maupun kelompok dengan mempergunakan segala perangkat fasilitas yang berhubungan dan mendukung usaha dilakukannya kegiatan ekonomi, dengan maksud agar memperoleh kesejahteraan atau kemakmuran.
Ekonomi merupakan ilmu tentang perilaku dan tindakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang bervariasi dan berkembang dengan sumber daya yang ada melalui pilihan-pilihan kegiatan produksi, konsumsi dan atau distribusi.
Kegiatan ekonomi terdiri dari kegiatan :
1.       Produksi
Adalah kegiatan membuat atau menambah guna suatu barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan.
Orang yang melakukan kegiatan produksi disebut Produsen.
Contoh : membuat roti, membuat kerajinan dll.
Tujuan Produksi
1.       Secara umum : memenuhi kebutuhan manusia untuk mencapai kemakmuran.
2.       Secara khusus : dilihat dari kepentingan pihak produsen dan konsumen.
Dari pihak produsen : untuk meningkatkan keuntungan serta menjaga kesinambungan kehidupan perusahaan.
Dari pihak konsumen: untuk menyediakan berbagai benda pemuas kebutuhan.
2.       Konsumsi
Adalah kegiatan yang dilakukan manusia dengan menggunakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhannya. Atau kegiatan menghabiskan /mengurangi nilai guna suatu barang baik sekaligus maupun berangsur-angsur
Orang yang melakukan kegiatan konsumsi disebut Konsumen.
Contoh : makan, minum, memakai baju, dan sebagainya.
Tujuan Konsumsi:
·         memenuhi kebutuhan hidup.
Fungsi Konsumsi
1.       Menjaga kelangsungan hidup
2.       Memenuhi semua kebutuhan yang dibutuhkan
3.       Distribusi
Adalah kegiatan yang dilakukan untuk menyalurkan barang atau jasa.
Orang yang melakukan kegiatan distribusi adalah Distributor.
Contoh : kegiatan penyaluran ke pasar, toko, minimarket, pelabuhan, dll.
Tujuan Distribusi:
·         Untuk menyampaikan barang atau jasa dari tempat produsen ke tempat pengguna atau pemakai.
Fungsi Distribusi
1.       Memperlancar arus penyaluran barang dan jasa kepada konsumen.
2.       Menyampaikan barang dan jasa dari produsen ke tangan konsumen.

Pihak yang melakukan distribusi antara lain:
a.       Agen; pihak yang ditujukan oleh produsen untuk menyalurkan produksinya
b.      Pedagang Besar; pihak yang membeli barang dengan jumlah besar kemudian dijual lagi kepada pengecer
c.       Pedagang Eceran; pihak yang bmenjual barang langsung kepada konsumen

Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli sehingga terjadi pertukaran yang saling menguntungkan.  °

Tidak ada komentar:

Posting Komentar